Tips Buat Proposal Sponsorhip
Dalam merencanakan suatu acara
besar, maupun kecil, intern maupun exteren maka dibutuhkan kehadiran proposal
sabagai suatu pedoman dalam berproses selanjutnya. Proposal menjadi gambaran
kasar acara yang akan diadakan. Entah akhirnya beberapa hal meleset, hal
tersebut tidak masalah, karena pada akhirnya akan ada laporan pertanggung
jawaban.
Tentunya proposal yang baik tidak
akan berbeda jauh dengan pelaksanaan atau realisasi acara.
Ketika anda merencanakan sebuah
acara besar dengan besar dengan menggundang massa tentunya anda akan
membutuhkan kehadiran sponsor di situ. Maka dari itu proposal menjadi senjata
anda untuk menunujukkan, menyakinkan pihak sponsor untuk ikut berpartisipasi
dengan anda.
Karena itu jangan samakan proposal
biasa dengan proposal sponsor. Proposal sponsor unik, buatlah berbeda dari yang
lain. Hal yang penting dalam proposal adalah jangan sampai pihak sponsor
menganggap anda seperti meminta namun berikanlah penyajian yang membuat pihak
sponsor memang tertarik pada acara anda. Fokuslah pada keuntungan yang bisa
didapat oleh pihak sponsor. Sebelum membuat proposal Sponsor beberapa hal yang
perlu diperhatikan adalah:
1. Waktu
persiapan
Ketika anda mengadakan suatu acara dengan jeda waktu
yang sempit dengan hari acara, maka semakin kecil harapan anda untuk
mendapatkan sponsor. Mengapa? Karena dari situ akan terlihat bagaimana
keseriusan dan kesiapan anda dalam melaksanakan acara tersbut.
2. Penyelenggara
Kalau anda pernah menyelenggarakan suatu event besar
dan sukses, maka sponsor tidak akan segan-segan berpartisipasi di dalamnya.
Dengan kata lain, reputasi menjadi hal yang penting untuk memikat sponsor.
Semakin besar reputasi anda, semakin mudah pihak sponsor percaya.
3. Jenis
Kegiatan
Ketika anda membuat suatu acara lihatlah produk apa
yang bisa ditampilkan di situ. Hal ini menjadi berkaitan erat pada keterkaitan
produk sponsor dengan kegiatan anda.. Kalau anda membuat pensi anak muda, maka
anda tidak akan mungkin bisa mendapatkan sponsor seperti mobil, elektronik,
namun anda bisa mendapat sponsor rokok, makanan, dll.
4. Penonton
atau peserta
Berilah target yang akan dicapai dalam proposal, dan
fokus golongan apa. Ketika anda menargetkan dengan jumlah yang besar dan yang
akan datang adalah sebagian besar anak muda maka perusahaan dengan produk anak
muda akan tertarik.
Aspek dalam
proposal sponsor adalah:
- Layout
- Kelengkapan perencanaan acara
- Penawaran sponsor
Layout
Ketika anda membuat proposal terutama proposal
sponsor, layout menjadi bagian yang penting didalamnya. Karena dari layout
anda, anda paling tidak bisa memberikan keyakinan lebih pada pihak sponsor,
proposal anda akan terlihat berbeda di mata Sponsor. Dari layout anda anda
dapat memperlihatkan betapa seriusnya anda mempersiapkan sebuah acara.
Misalnya saja :
Anda memberikan proposal anda dengan layout yang
menarik katakanlah anda sedang menyusun acara untuk pensi. Anda memberikan
proposal tersebut ke pada perusahaan besar. Anda tidak akan tahu apakah ada
orang lain yang juga memberikan proposal itu. Anda juga tidak akan tahu di mana
proposal itu akan diletakkan. Dengan adanya layout pada proposal anda, proposal
anda menjadi terlihat berbeda dari proposal yang lain. Sehingga mungkin akan di
baca terlebih dahulu, di sendirikan, anda tidak akan tahu. Apa saja layout itu?
1. Ukuran
kertas
Kebanyakan orang menggunakan kertas besar seperti
ukuran A4 dan F4 untuk proposal. Namun bagaimana apabila anda membuat proposal
dengan ukuran mini, mungkin setengah dari ukuran A4 atau F4, proposal itu akan
terlihat unik dan manis. Namun tidak selamanya pula ukuran kecil baik. Semuanya
tergantung dari selera.
2. Halaman
Cover
Berikanlah tampilan yang tidak biasa, ketika anda
hanya menuliskan judul proposal anda, proposal anda akan tampak monoton,
berilah gambar yang menarik, atau anda bisa menempel-nempel potongan koran,
dll. Ketika halaman cover anda menarik, seseorang yang membaca akan semakin
tertarik untuk melanjutkan ke bagian selanjutnya.
3. Tampilan
Halaman
Ketika tiap halaman anda terdiri dari tulisan saja,
tentu yang membaca akan bosan ketika tulisan anda bertele-tele. Untuk mencegah
hal itu berikan hiasan yang menarik pada header dan footernya bahkan bagian
bodynya. Namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai mengganggu
kejelasan tulisan itu sendiri. Perhatikan jenis tulisan, ukuran tulisan,
paragraf, urutan penyajian, menjadi hal yang penting. Gunakan font dan ukuran
yang mudah dibaca oleh orang.
4. Penjilidan
Bagaimana proposal itu dijilid, apakah hanya
menggunakan jilid lakban, atau apakah dijilid spiral, ataukah yang lain gunakan
kreasi anda.
5. Wrapping
Satu hal yang jarang digunakan orang namun cukup
berpengaruh. Rasakan ketika anda meneriman suatu barang dengan bungkus atau
tanpa sama sekali. Mungkin anda bisa berpkir, proposal ini sudah pernah dibaca
oleh orang lain, atau ini bekas, dll. Membungkus dengan plastik bening saja
sudah baik.
6. CD
Interaktif
Berikanlah cd interaktif. CD ini bisa berupa
presentasi, atau bisa berupa video. Hal ini untuk mencegah ketika yang menerima
proposal anda malas membaca proposal. Apabila acara yang akan anda buat adalah
yang kedua kaliya, lampirkan acara anda yang sebelumnya sebagai gambaran bagi
pihak sponsor. Berikan pula contoh-contoh pemasangan pihak sponsor ke
acara-acara yang pernah anda tangani.
Kelengkapan
Data
Bagian I – bagian satu ini adalah acara anda secara
besar
Latar belakang
Berikanlah suatu sajian yang menarik mengapa anda
membuat acara tersebut, gunakan alasan-alasan yang mendukung dan valid.
Nama Acara
Berdasarkan Latar belakang anda, tuliskan secara
terpisah dengan latar belakang, apa acara anda. Gunakan nama yang menarik dan
singkat.
Tema Acara
Buatlah tema acara yang menarik dan unik, jangan buat
tema yang terlalu panjang. Kalau diperluka cantumkanlah alasan mengapa anda
memilih tema tersebut. Gunakan deskripsi yang kuat, Apabila anda menggunakan
lambang, berilah arti lambang tersebut.
Waktu dan
tempat pelaksanaan
Tulislah secara detail waku pelaksanaan secara detail
meliputi hari, tanggal, tahun, jam berlangsungnya dan lokasi acara tersebut
Sasaran
Acara
Tulislah peserta yang akan anda tuju, apakah itu anak
muda, anak kuliahan, tingkat SD, orang tua, jomblo, atau pedagang. Tuliskan
pula target peserta, tuliskan pula target peserta.
Tujuan Acara
Tuliskan apa tujuan dari Acara tersebut. Sebaiknya
berdasarlah pada latar belakang yang anda buat.
Manfaat
Acara
Tuliskan dalam 2 point yang berbeda yaitu manfaat bagi
pihak sponsor dengan manfaat bagi pihak anda, atau bahkan anda bisa menambahkan
manfaat bagi pihak peserta,dll
Pada zona ini anda bebas menentukan
sendiri apa yang akan anda lampirkan. Isikan tulisan “terlampir” pada bagian
ini. Bagian ini nantinya akan menjadi bagian yang harus dijabarkan dengan
sangat detail.
Komentar
Posting Komentar